Liburan Bukan Liburan

Aku baru mengerti esensi liburan itu bukan berarti gak ada kuliah dan bisa bebas ke mana aja tapi … liburan itu kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta. Yang sayangnya nggak bisa aku lakukan. Awalnya aku beralasan karena tugasku pasti belum selesai jauh sebelum deadline yang ada di pertengahan masa libur.

Memang iya sih.

Aku terus menunda-nunda karena tidak yakin apakah ini jurusan yang terbaik untukku. Bodoh.

Dan akhirnya aku pun nggak pulkam.

Kuliah gak kuliah ternyata sama aja, waktu tetap cepat berlalu dan mulai deh ngerasa kehilangan. Cukup sedih, tapi nggak nyesel. I can’t go back yet … .

Dan somehow ibuku tampaknya bisa merasakannya. Ibuk mengirimiku sebuah pesan teks. Isinya kalimat-kalimat untuk menyemangatiku belajar. Bukan cuma sekali sih dapat SMS kayak gitu, tapi kali ini … itu SMS pertama yang bikin aku nangis.

Mungkin ibuk tahu pas aku mutusin buat gak pulang, kalo ada sesuatu. Emang sih, nilaiku turun. Meski bukan itu yang bikin aku sedih dan nyesel melainkan effort ku selama ini. Apa aja sih yang udah kulakuin? Nggak guna banget sih. Aku tahu kok aku bisa lebih dari ini. Tidur muluk sih. Dulu kamu nggak pernah tidur tiap malam senin, pagi-pagi ke kampus muka udah kayak zombie, begitu juga temen-temen sekelas. Dulu kamu pernah nggak tidur 72 jam di bawah tekanan dan sambil nyambi mengerjakan tugas yang nggak ada ampun, deadline tiap 2 minggu.

Sekarang aku lelah harus terus memerah ide dan mendengarkan kuliah yang meninabobokan. It’s sapping all my energy to even interact with people. Lebih stress bukan capek.

But then you came, with your text (which is very, very, very comforting)

Makasih buk. Makasih. Makasiiih banget.

Ada yang pernah bilang: dalam keadaan lapar kemampuan seseorang yang sebenarnya akan keluar.

I am now. Hungry for your love before me.

So I’ll do better next term, right? Right? I … hope i can make you believe.

Bandung, 13 Januari 2015

Amu yang habis minum coklat hangat

2 thoughts on “Liburan Bukan Liburan

Have fun commenting.

