You’ll Be Mine, My Butterfly [Contest Entry #9 Review]

Berikut ini salah satu entri kompetisi menulis Another Beautiful Word di AFF.

Entri nomor sembilan,

You’ll Be Mine, My Butterfly by LadyTiara 

~*~

Summary

Saya nggak menemukan summary apa pun.

(Ini salah saya nggak bikin tulisannya lebih gede di foreword apa gimana ya) ._.

Langsung ada prolog aja. Sayang nih.

Kalau prolognya masih mirip summary mungkin bakal saya nilai tapi prolog ini emang bener-bener prolog background tokoh-tokoh aja. Jadi nggak ada poin di sini…

Alur/setting cerita

Setting-nya indaah. Yang saya suka yaitu, ada setting alam dan juga kota di sini. Kedua setting ini kan memancarkan suasana yang berbeda dan dipakai dengan tepat untuk menggambarkan kisah cinta yang dulu dengan yang sekarang dengan nuansa yang tersendiri. Ini yang saya suka dari fic-fic Ancient Chinese, ada perhatiaan khusus terhadap sesuatu di alam serta simbol-simbol yang menyertainya. Simbol yang implisit itu membuat cerita jadi terasa lebih bermakna (kalau pembaca menangkap arti simbolnya, dan kamu sudah menuliskan maknanya dalam cerita. Good job!)

Twist di akhir juga pas banget. Membuat ceritanya jadi lebih mengena. Mematahkan stereotip yang ada di legenda itu sendiri. Jempol dah.

Kerapian

Saya nggak menemukan masalah yang berarti di sini. Ada satu-dua typo. Lumayanlah :)

Bahasanya mudah dimengerti (komunikatif), tidak harus baku

Awalnya saya sempet keder baca prolog. Habis prolognya panjang banget dan saya hampir loncat-loncat bacanya kalau bukan karena penasaran sama legendanya dulu. Tapi kemudian saya narik nafas lega saat melihat ternyata ceritanya lain dengan yang di prolog. Lebih ramah dan enak dibaca gitu.

Bahasanya udah enak dibaca, dan kayaknya bakal lebih bagus kalo prolognya punya gaya bahasa yang sama dengan kelanjutan ceritanya. (Pengalaman sendiri, banyak orang-orang -termasuk saya- yang mudah jengah melihat awal cerita yang kepanjangan sehingga besar risiko yang baca itu tekan “next” tanpa baca prolog atau malah tekan “back” karena keder duluan).

Orisinil

Berdasarkan legenda, tapi diolah dengan sentuhan yang berbeda. Saya sempat nggak bisa menduga akhirnya dan sempat ketar-ketir juga gitu selama baca cerita. Kamu sudah membuat plotmu sendiri!

Nilai bonus

Karena Ancient Chinese.

Have fun commenting.

