Remember The Rain [Contest Entry #6 Review]

Berikut ini salah satu entri kompetisi menulis Another Beautiful Word di AFF.

Entri nomor enam,

Remember The Rain by violetkecil

~*~

Summary

Summarynya memberi tahu inti cerita tanpa mengurangi kadar penasaran yang baca. Good job!

Alur/setting cerita

Plot-nya rada membingungkan di awal karena kita nggak ngerti kan ini ada apa, kok rasanya hari-harinya seperti terus terulang. Tapi saya suka sekali setting-nya, saya suka pendeskripsian kafe-nya yang menurut saya berhasil membawa suasana hangat dan nostalgik bagi si tokoh utama yang tidak dapat mengingat.

Kerapian

Ini rapi sekali. Saya nggak menemukan typo ataupun sesuatu yang nggak mengikuti EYD karena kalimat-kalimatnya sederhana saja untuk menggambarkan isi cerita ini. Dari semua peserta, fic ini punya skor tertinggi di poin ini.

Bahasanya mudah dimengerti (komunikatif), tidak harus baku

Bahasanya baku dan ada kesan indah di dalam cerita ini. Mudah untuk dipahami, namun karena beberapa hal, mungkin karena banyaknya pengulangan dalam cerita, cerita ini jadi terasa agak membosankan untuk dibaca. Pengulangan yang berlebihan di sini bukannya memperkuat plot tapi malah menjemukan menurut saya.

Orisinil

Dua tokoh utama di sini punya kisah cinta yang berbeda dari kebanyakan orang, pembaca awam bisa menganggap ini orisinil. Tapi ada pemikiran-pemikiran kecil di benak saya bahwa ini sedikit agak mirip dengan fanfic yang pernah saya baca (dan di tengah dijelaskan bahwa ternyata memang ada kesamaan), sehingga saya bisa dengan mudah menerka maksudnya. Penasaran saya jadi menguap deh :(. Saya jadi terbantu untuk memahami cerita bukan karena fic ini sendiri melainkan fic lain.

Nilai bonus

Mulanya saya udah siap-siap ngasih bonus tapi begitu baca fic, nama IU nggak disebutkan sama sekali dalam fic dan deskripsi ceweknya juga nggak seperti IU walau di foreword (dan poster) dicantumkan demikian. Ini malah lebih seperti Kris/you fic daripada Kris/IU. Kenapa? Dalam cerita, gadis ini disebutkan punya mata double eye-lid dan IU kan matanya nggak begitu, jadi… nggak ada poin bonus.

Have fun commenting.

