Mungkin [Contest Entry #5 Review]

Berikut ini salah satu entri kompetisi menulis Another Beautiful Word di AFF.

Entri nomor lima,

Mungkin by hiseutori 

~*~

Summary

Bikin penasaran. Karena summary-nya semacam membangkitkan rasa gamang saya, jadi penasaran ingin cepat baca. /hyah

Alur/setting cerita

Alur cerita ini sungguh mengalir, saya jadi nggak bisa berhenti untuk membaca karenanya. Di sini saya lihat penulisnya sudah mampu untuk meng-highlight mana event yang penting dan yang kurang penting sehingga dia bisa menonjolkan event yang penting itu dengan deskripsi yang cukup (tidak berlebihan) dan bermakna, serta membuat detil-detil cerita yang bukan jadi sorotan utama tanpa mengurangi maknanya.

Kerapian

Mayoritas kesalahan ada di penggunaan kata depan seperti “diatas, diantara, disamping” yang seharusnya harus diberi spasi setelah ‘di’. Lalu ada kata asing yang belum dimiringkan seperti “fitting, i love you”. Ada “siapapun” yang harusnya ditulis ‘siapa pun’.

Bahasanya mudah dimengerti (komunikatif), tidak harus baku

Diksinya tidak berat dan ditulis dalam bahasa baku yang indah dan mudah dipahami. Dari author note-mu, kamu udah lama nggak nulis pake bahasa Indonesia tapi di sini karya yang kamu tulis nggak se-awkward yang kamu kira lho. Saya suka malah.

Orisinil

Saya sering menemukan cerita yang serupa, namun cerita ini disuguhkan dengan cara tersendiri, dan saya tahu pasti cerita ini asli buatan tangan penulisnya (yaiyalah!) maksud saya, ada sentuhan tangan penulis di situ yang berbeda dengan cerita kebanyakan sehingga saya nggak bosan membacanya.

Nilai bonus

Ada pasangan Kris dan IU! Hehe, walau munculnya sebagai figuran dan masuk lingkaran pertemanan Luhan, tapi mereka ada :’)

Have fun commenting.

