Nano-nano pahit rasanya

Saat mendengar judul di atas, mungkin ada yang mengira saya nggak suka permen ternama satu ini. Saya suka kok, tapi itu cuma guyonan garing semata. Sebenarnya saya sedang membicarakan tentang NaNoWriMo.

Apa itu NaNoWriMo? National Novel Writing Month, atau yang biasa disingkat menjadi NaNoWriMo, merupakan sebuah event tahunan yang paling populer bagi para penulis di seluruh pelosok dunia, baik itu pemula, amatir, maupun profesional.

Apa saja kegiatannya? Hanya satu. Menulis 50.000 kata dalam sebulan, dimulai sejak tanggal 1 November sampai dengan tanggal 30 November tiap tahun. Di situs resmi NaNoWriMo.org, para penulis akan dikumpulkan sesuai region atau wilayah tempat tinggalnya. Semisal, saya tinggal di Indonesia, maka saya masuk kawasan region Asia::Indonesia.

Mungkin kedengaran mustahil, tapi sebenarnya menulis 50.000 kata dalam sebulan itu sangat mungkin. Kita hanya perlu menulis 1.667 kata per harinya demi mencapai goal minimal 50.000 kata itu.

Tapi tentu saja hal-hal di kenyataan tidak akan semulus dalam wacana. Pasti ada berbagai rintangan dalam menulis–atau lebih tepatnya, menyisihkan waktu untuk menulis sebanyak 1.667 kata per hari. Entah itu karena tugas, deadline, pekerjaan, sekolah, ujian, keluarga, dan segudang hal lain.

Yah, saya salah satunya yang kurang bisa menerapkan jadwal menulis rutin yang sudah saya tetapkan. Pengelolaan waktu saya masih kacau. Tugas-tugas terus menumpuk dan butuh semalaman untuk menyelesaikan (terlebih lagi, waktu saya yang terpotong demi menulis postingan blog berisi racauan-racauan ini), akhirnya jadwal menulis pun ada di urutan sekian-sekian-sekian dalam daftar prioritas.

Hari ini (5/11) berarti sudah hari kelima di bulan ini, dan, klise, saya masih belum sempat menulis karena alasan a-b-c-dan seterusnya, yah saya hanya berharap keinginan saya untuk berpartisipasi tahun ini dimudahkan, kata-kata yang belum sempat tertulis, akan saya balaskan di hari lain, mudah-mudahan akhir minggu ini, doakan saja.

.

.

.

Bandung, 5 November 2013 (19:52 GMT+7)

Amusuk

Have fun commenting.

